Kabupaten
Bantul mengkenalkan brand barunya dengan slogan “Bantul The Harmony of
Nature and Culture”. Brand tersebut diharapkan bisa menjadi ajang
promosi potensi kabupaten ini sebagai tempat investasi dan tujuan wisata
dalam era pasar bebas di 2015.
Brand Bantul didominasi warna
hijau yang memiliki makna pada kehidupan berkelanjutan. Ditambah warna
biru berarti air yang menjadi pelengkap kehidupan
agraris, cokelat berasosiasi pada potensi tanah untuk produksi tanam
dan olahan industri, serta abu-abu berasosiasi pada dinamika dan
harapan.
Bentuk gentong gerabah menggambarkan hasil usaha budi
daya akal dan pikiran ditopang dengan usaha bekerja. Konsep aman, tertib
dan sehat tergambar pada urutan simbol yang mengikuti pola teratur dari
hulu ke hilir atau pantai. Sementara bentuk elastis dan dinamis memberi
kesan luasnya keterlibatan masyarakat dalam membangun wilayah.
Brand baru ini juga menegaskan komitmen Bantul menjadi daerah tujuan
wisata utama di DIY. Bantul akan mengedepankan pola kehidupan bernilai
tinggi di semua lini.
Bupati Bantul Sri Suryawidati mengatakan
brand Bantul merupakan abstraksi dari konsep lingkungan fisik, hayati,
dan ekonomi sosial budaya. Diharapkan brand ini mampu memajukan
kehidupan masyarakat dengan mempromosikan dan membangun citra
positifnya. Semangat brand Bantul perlu digelorakan di setiap
masyarakat. Hal itu diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) No. 69 Tahun
2013 tentang Brand Kabupaten Bantul. Brand ini harus mampu menjadi
semangat dan filosofi Kabupaten Bantul.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment