You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Pilih Mana... Bill Gates atau Richard Stallman...?

Kita semua tahu siapa Bill Gates. Ia adalah pendiri (bersama Paul Allen) dan ketua umum perusahaan perangkat lunak AS, Microsoft. Ia juga merupakan seorang filantropis melalui kegiatannya di Yayasan Bill & Melinda Gates. Ia menempati posisi pertama dalam orang terkaya di dunia versi majalah Forbes selama 13 tahun (1995 hingga 2007).

Sekarang siapa itu Richard Stallman? ia adalah pendiri gerakan perangkat lunak bebas (free open source software), proyek GNU, dan Yayasan Perangkat Lunak Bebas. Ia yg mengerjakan GNU Emacs, GNU C Compiler, dan GNU Debugger. Stallman juga yang menulis GNU General Public License (GNU GPL atau GPL), lisensi software bebas yg terbanyak dipakai, dan memberi ilham konsep copyleft.

Keduanya memiliki perbedaan dalam hal lisensi / hak paten. Bill Gates dengan Microsoftnya menguasai pasar dunia bidang komputer, menjual seluruh hasil produksinya dengan harga yg lumayan mahal. Karena lisensinya emang mahal. Sedangkan Stallman berpendapat, "source code itu adalah algoritma matematika, jadi tidak pantas bila hal tersebut dipatenkan." Dengan argumen itu maka Stallman mengembangkan open source software. Jadi, semua orang boleh menggunakannya, menyebarkannya, dan juga mengembangkannya dengan bebas.

Jadi sekarang pilih mana... Bill Gates atau Richard Stallman...?
Namun saya cuma ingin mengajak kepada semua saja tak terkecuali untuk berkenan menggunakan open source software yang lebih murah, hemat, dan banyak keuntungan lainnya.

"Let's use open source software..."

No comments:

 

Search

Populer

Clustrmaps

Pengunjung

Powered by Blogger.