You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Rilis Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat)

Hai... para pecinta ubuntu. Kini ubuntu hadir kembali dengan merilis versi terbaru yaitu Ubuntu 10.10, yang memiliki code name Maverick Meerkat. Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat adalah rilis ke 13 dari sistem operasi Ubuntu. Versi ini menggunakan grub versi 1.98 dan kernel Linux 2.26.35-22-generic.


Beberapa waktu yang lalu founding father Ubuntu dari Canonical, Mark Shuttleworth mengumumkan rilis selanjutnya setelah versi 10.04 Lucid Lynx yaitu versi 10.10 dengan code name Maverick Meerkat yang dijadwalkan rilis pada tanggal 10 Oktober 2010. Pada pengumuman rilis tersebut, mark berkata “Sudah waktunya kita bersama-sama membayangkan ‘The Perfect 10′ . Kini waktunya untuk melakukan inovasi besar yang akan mengubah dunia Linux dengan inisiatif baru dari kelompok yang kuat dengan membawa ide-ide baru, energi baru dan code baru”.


Pada Maverick Meerkat, team development Ubuntu akan fokus pada menbuat Ubuntu lightness and fastness. Rencana utamanya yaitu membuat Ubuntu 10.10 menjadi sistem operasi yang mobile dan ringan dengan membuat perbaikan pada antarmuka pengguna netbook. Selain itu juga membuat pengalaman booting dan pengalaman berinternet secepat mungkin. Team development akan berkonsentrasi untuk membangun Ubuntu netbook edition sebagai solusi berkomputer secara mobile. Juga akan membuat sikronisasi antara ponsel dengan netbook atau desktop menjadi lebih mudah. Ubuntu 10.10 akan mengaplikasikan Gnome 3.0 sebagai desktop environment yang mungkin menggunakan Gnome shell.


Mark shuttleworth juga menjelaskan mengapa Ubuntu 10.10 bernama Maverick Meerkat : Meerkat adalah ringan, cepat, dan sosial. Meerkat juga berorientasi kekeluargaan. Mereka juga pandai mengajarkan keterampilan baru satu sama lain. Itu yang membuat meerkat menjadi komunitas yang besar. Itulah cita-cita Ubuntu menjadi sebuah solusi yang aman dan efisien untuk semua keluarga.


Secara software, Ubuntu 10.10 ini terasa tak banyak berbeda dengan versi sebelumnya, namun agak sedikit berat. Barangkali memang didesain untuk mesin-mesin terkini yang semakin canggih. Tampilan mukanya tidak banyak berubah kecuali background-nya yang khas Maverick Meerkat, juga ada tambahan font khas Ubuntu yang menurut saya cukup nyaman dipandang. Namun, menilik ke dalam, tampilanya cukup banyak berubah menjadi semakin halus dan cantik, termasuk tampilan instalasi-nya. Aplikasi-aplikasi yang dibawa dalam paket perdananya itu masih sama dengan versi sebelumnya.

1 comment:

Anonymous said...

thanx!

 

Search

Populer

Clustrmaps

Pengunjung

Powered by Blogger.