Monday, April 5, 2010

Ctrl, Alt, Del...


Dahulu, pada tahap awal keterampilan menggunakan komputer, seringkali computer yang saya pakai mengalami hang. Tampilan di layar monitor berhenti. Tombol apapun yang ditekan, layar monitor tetap pada posisi yang sama.

Komputer mengalami hang seperti itu karena berbagai sebab, dan salah satunya karena komputer dipaksa membuka banyak program sekaligus. Jika hal itu terjadi, biasanya yang saya lakukan adalah memutus arus listrik ke komputer, dan kemudian menyambungkannya kembali.

Beberapa kawan memberikan saran, agar hal itu tidak terlalu sering dilakukan, karena bisa menyebabkan hilangnya file atau data pada komputer tersebut. Supaya lebih aman, cukup menekan tombol Ctrl Alt Del. Dengan melakukan hal itu, komputer akan melakukan proses reset (set ulang) dan fungsinya kembali normal.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pun sering mengalami hang seperti komputer. Ada masanya ketika kita merasa bahwa hidup kita seperti jalan di tempat. Stagnan. Setahun umur yang kita lalui, seolah hanya mengubah jumlah bilangan umur dan uban. Supaya hidup kita kembali bergairah, pergerakannya terasa, maka kita pun perlu melakukan fungsi Ctrl Alt Del. Tiga proses yang akan menjadikan kita bisa berlari lebih kencang.

Ctrl. Secara umum diartikan sebagai control atau mengambil alih kendali. Sudah saatnya kita menentukan arah hidup kita sendiri, sekaligus mengambil alih kendalinya, yang saat ini bisa jadi ada di tangan orang lain, atau orang-orang lain. Perintah dari banyak orang, seringkali membuat kita bingung, dan akhirnya tidak melakukan apa-apa. Kalau pun kita melakukan sesuatu, bisa jadi kita tidak punya kerangka dasar mengenai tujuan dari tindakan yang kita lakukan. Kita melakukan hal itu, hanya didasarkan pada perintah orang lain. Kita bertindak hanya untuk tujuan-tujuan orang lain. Betapa menyedihkannya, apabila kita kehilangan arah hidup kita sendiri, justru karena kita terlalu hirau pada impian dan perintah orang lain.

Alt. Biasanya diartikan sebagai alternate. Setelah kita menentukan tujuan hidup, dan mengambil kontrolnya di tangan kita sendiri, langkah selanjutnya adalah membuka berbagai alternatif kemungkinan, aktivitas apa yang akan kita lakukan. Banyak jalan menuju Ka’bah. Sama banyaknya pula, alternatif yang bisa kita tempuh dalam mencapai tujuan hidup.

Dalam keyboard komputer, tombol Alt tidak bisa berfungsi secara independen. Tombol Alt baru berguna jika ditekan bersama dengan tombol lainnya. Dalam kehidupan juga begitu. Banyaknya alternatif, tidak akan ada gunanya jika kita tidak melakukan pilihan atas aneka alternatif yang ada. Punya banyak alternatif boleh-boleh saja, tetapi lakukanlah hanya satu alternatif. Fokus!

Hidup dengan banyak alternatif, bisa jadi membuat kita semakin bingung. Jangan-jangan, kehidupan kita akan kembali hang. Itu sebabnya, langkah berikut yang harus kita lakukan adalah menekan tombol Del. Del diartikan dengan delete, yaitu menghapus semua alternatif lain, selain satu alternatif tindakan yang akan kita lakukan.

Tidak puas dengan kehidupan yang itu-itu saja setiap hari? Hidup terasa tidak ada perubahan? Tekan Ctrl Alt Del dalam komputer kehidupan anda. Tentu saja ada resiko, anda kehilangan beberapa hal dari masa lalu anda. Tapi percayalah, anda tidak akan kehilangan masa depan!


Penulis : Zainal Abidin PHD

http://warnaislam.com/blog/jayideas/2009/12/31/67440/Ctrl_Alt_Del.htm

0 komentar:

Copyright © 2014 Achaz On 7 Blog | Distributed By My Blogger Themes | Designed With By AchazOn7
Scroll To Top