You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

10 Alasan Migrasi ke Sistem Operasi Linux

Ada 10 alasan sistem operasi Linux dipilih untuk menggantikan sistem operasi yang sekarang ini dipakai adalah :

1. Lower Cost Total Ownership
2. Premier Security
3.Highest Reliability
4. Avoiding Vendor Lock In
5. Ease of Migration
6. World Class Support
7. Rapid Employee Training and Certification
8. Inexpensive Standart Desktop Software
9. Improved Custom Application
10. Superior Network and System Management

Beberapa bulan belakangan ini, negara besar seperti Inggris, Jerman, Jepang, China, India, Korea, Mexico dan Brazil gencar menggalakkan proyek migrasi ke platform Open Source untuk komputer desktop, workstations, maupun server. Banyak juga kalangan organisasi dan bisnis yang sudah memulai menggunakan seperti IBM dan Departemen Pertahanan America.

Pada waktu yang bersamaan, vendor-vendor besar seperti IBM, Novell, Dell, Oracle dan HP juga mengumumkan antusisme mereka dalam mensupport sistem operasi Linux serta meyakinkan khalayak bahwa Linux merupakan sistem operasi masa depan yang akan banyak digunakan di pemerintahan dan lingkungan bisnis.

Lalu, kalau kita sudah ramai ramai pindah ke sistem operasi Linux, apa yang akan di dapat ? Mari kita lihat satu persatu apa yang akan kita dapatkan setelah melakukan proses migrasi…

1. Lower Total Cost Ownership

Survei pasar membuktikan bahwa Linux merupakan platform yang paling efektif untuk digunakan. Dapat kita lihat bahwa Total Cost Ownership (TCO) Sistem Operasi Linux sangat jauh jika dibandingkan Sistem Operasi Windows. Bukan saja dilihat dari harga yang ditawarkan dari masing masing sistem operasi, tetapi juga dilihat dari biaya untuk hardware, software aplikasi, support dan administrasi yang harus dikeluarkan. Para peniliti menganjurkan para Network Administrator untuk beralih ke Linux daripada harus terus menerus tergantung kepada salah satu vendor sistem operasi saja

2. Premier Security

Sistem operasi Linux telah terbukti baik dalam urusan security karena Linux merupakan salah satu sistem operasi yang memang dibuat unggul di urusan tersebut.. Linux juga dibuat berdasarkan kebutuhan dan untuk mencukupi keperluan para programmer dan system administrator. Para programmer open source yang terlibat berusaha menghasilkan sistem operasi yang dikenal dengan ‘the most secure and robust operating system’ untuk para programmer dan system administrator, dan sekarang keamanan di Linux juga disesuaikan dengan kebutuhan untuk komputer desktop yang dipakai oleh pekerja TI selain programmer dan system administrator.

3. Highest Reliability

Sistem operasi Linux di desain untuk mengerjakan proses atau operasi yang komplek dan membutuhkan waktu yang lama (time consuming). Berdasarkan hal diatas, Linux akan menggunakan sumber daya hardware secara lebih baik dibandingkan sistem operasi yang lain, dan juga diharapkan dapat mengurangi jumlah “crash” yang terjadi saat komputer bekerja.

Linux juga masih dapat berjalan dengan baik di hardware komputer yang tergolong out of date. Update dapat dilakukan dengan mudah, dan untuk hal hal tertentu dapat dilakukan tanpa harus merestart komputer yang sedang bekerja. Dengan kemampuan ini membuat linux sering disebut sebagai “the most reliable and robust operationg system”

4. Avoid vendor lock in

Salah satu keuntungan dari sistem operasi Linux adalah status Free Software yang disandangnya. Seperti kita tahu, Free Software adalah

“Free software does not mean “gratis”; it means that users are free to run the program, study the source code, change it, and redistribute it either with or without changes, either gratis or for a fee.” (Richard Stallman)


Pada platform yang mengandalkan sistem operasi propietary/berlisensi, semua yang di lakukan harus menunggu dari apa dikerjakan oleh vendor pembuat sistem operasi. Support, update dan patch semuanya menunggu dari vendor yang bersangkutan. Pada platform Open Source, instansi yang bersangkutan dapat menegosiasikan kemungkinan biaya yang harus dibayar dan support yang akan diperoleh. Pilihan yang lebih bervariasi akan mencegah kita tergantung pada monopoli harga.

No comments:

 

Search

Populer

Clustrmaps

Pengunjung

Powered by Blogger.